PENGERTIAN KOMUNIKASI
· Komunikasi
adalah suatu proses pertukaran informasi antar individu melalui sistem yang
biasa (lazim) baik dengan simbol-simbol, sinyal-sinyal, maupun perilaku atau
tindakan.
PENGERTIAN KOMUNIKASI
BISNIS
· Komunikasi bisnis
adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai
macam bentuk komunikasi baik komunikasi verbal maupun nonverbal.
UNSUR-UNSUR DALAM
BERKOMUNIKASI
Komunikasi meliputi 5 unsur,
kemudian dikenal dengan formula 5 W + 1 H, yakni :
1. Komunikator = who
[communicator, source, sender]
2. Pesan = says what
[message]
3. Media = in which channel
[channel, media]
4. Komunikan = to whom
[communicant, communicatee, reciever, recipient]
5. Efek [effect, impact,
influence]
TEKNIK KOMUNIKASI
1. Komunikasi informatif [informative
communication]
2. Komunikasi persuasif [persuasive
communication]
3. Komunikasi instruktif/
koersif [instructive/ coersive communication]
4. Hubungan manusiawi [human
relation]
TUJUAN KOMUNIKASI
1. Perubahan sikap [attitude
change]
2. Perubahan pendapat [opinion
change]
3. Perubahan perilaku [behaviour
change]
4. Perubahan sosial [social
change]
BENTUK KOMUNIKASI
1. Komunikasi verbal
2. Komunikasi Nonverbal
TAHAP – TAHAP DALAM
PROSES KOMUNIKASI
1. Pengirim mempunyai suatu ide
atau gagasan.
2. Pengirim mengubah ide menjadi
suatu pesan.
3. Pengirim menyampaikan pesan.
4. Penerima menerima pesan
5. Penerima menafsirkan pesan
6. Penerima memberi tanggapan
dan mengirim umpan balik kepada pengirim
EMPAT (4) KETERAMPILAN
DASAR KOMUNIKASI
1. menulis,
2. membaca,
3. berbicara;
4. mendengar
HAMBATAN DALAM
KOMUNIKASI
Ø
· Hambatan Teknis
Ø
· Hambatan Semantik
Untuk itu, suatu pesan atau
informasi yang disampaikan hendaknya memenuhi 7 syarat atau dikenal juga dengan
7 C, yaitu :
1. Completeness
(Lengkap)
2. Conciseness
(Singkat.
3.Consideration (Pertimbangan)
4.Concreteness
(konkrit)
5.Clarity
(Kejelasan).
6.Courtessy (Kesopanan)
7.Correctness
(ketelitian)
MEMPERBAIKI KOMUNIKASI
Untuk dapat melakukan komunikasi
yang efektif diperlukan beberapa persyaratan,
atara lain : persepsi, ketetapan, kredibilitas, pengendalian, dan kecocokan / keserasian.
Komunikasi yang efektif dapat mengatasi berbagai hambatan yang dihadapi dengan memperhatikan tiga hal sebagai berikut:
atara lain : persepsi, ketetapan, kredibilitas, pengendalian, dan kecocokan / keserasian.
Komunikasi yang efektif dapat mengatasi berbagai hambatan yang dihadapi dengan memperhatikan tiga hal sebagai berikut:
1. Membuat satu pesan secara
lebih berhati-hati
2. Minimalkan gangguan dalam proses komunikasi
3. Mempermudah upaya umpan balik antara si Pengirim dan si penerima pesan
2. Minimalkan gangguan dalam proses komunikasi
3. Mempermudah upaya umpan balik antara si Pengirim dan si penerima pesan
KEBERHASILAN KOMUNIKASI BISNIS
Keberhasilan komunikasi di dalam
suatu organisasi akan ditentukan oleh kesamaan pemahaman antara-orang yang
terlibat dalam kegiatan komunikasi. Kesamaan pemahaman ini dipengaruhi oleh
kejelasan pesan, cara penyampaian pesan, perilaku komunikasi, dan situasi
(tempat dan waktu) komunikasi. Komunikasi organisasi biasanya menggunakan
kombinasi cara berkomunikasi (lisan, tertulis dan tayangan) yang memungkinkan
terjadinya peyerapan informasi dengan lebih mudah dan jelas.
Keberhasilan komunikasi bisnis
juga sangat ditentukan oleh adanya efektivitas dalam komunikasi bisnis.
Efektivitas komunikasi bisnis, seperti halnya jenis komunikasi lainnya
ditentukan beberapa hal :
1. Persepsi
2. Keberhasilan Teknologi
Informasi dan Komunikasi
3. Ketepatan
Komunikan atau audience memiliki
kerangka pikir. Agar komunikasi yang dilakukan tepat sasaran, komunikator perlu
mengekspresikan hal yang ingin disampaikan sesuai dengan kerangka pikir
komunikan.
4. Kredibilitas
5. Pengendalian
6. Kecocokan
Selain itu agar dapat melakukan
komunikasi bisnis yang efektif, seorang komunikan harus memiliki 3 kemampuan (skill),
yaitu :
1. Empati,
2. Pembicara yang sederajat,
3. Proyeksi atau menciptakan
dampak.
Dengan demikian apabila
komunikasi bisnis berjalan secara efektif di suatu perusahaan akan dapat
menghasilkan beberapa hal sebagai berikut :
· Mempercepat Penyelesaian
Masalah.
· Memperkuat Pengambilan
Keputusan.
· Meningkatkan Profesionalisme.
· Memberikan Respon yang Positif
terhadap Stakeholder.
· Meningkatkan Produktivitas.
· Memperkuat hubungan Bisnis.
Saya Ibu Queen Daniel, A pemberi pinjaman uang, saya meminjamkan uang kepada indaividu atau perusahaan yang ingin mendirikan sebuah bisnis yang menguntungkan, yang menjadi periode utang lama dan ingin membayar. Kami memberikan segala jenis pinjaman Anda dapat pernah memikirkan, Kami adalah ke kedua pinjaman pribadi dan Pemerintah, dengan tingkat suku bunga kredit yang terjangkau sangat. Hubungi kami sekarang dengan alamat email panas kami: (queendanielloanfirm@gmail.com) atau (queendanielloanfirm@yahoo.com) Kebahagiaan Anda adalah perhatian kami.
BalasHapus